<data:blog.pageTitle/>

23 Juli 2007

Perbedaan Politik jangan Jadi Alasan Berkonflik

Denpasar (Bali Post) -
Generasi muda mesti berani menjadi pelopor bahwa berbeda itu karunia Tuhan yang mesti disyukuri. Dengan demikian perbedaan dalam politik dan kehidupan berdemokrasi agar diterima sewajarnya. Tidak dijadikan alasan untuk berkonflik dalam arti permusuhan, apalagi dibarengi nafsu untuk saling meniadakan.

Hal itu dikatakan dosen Ilmu Pemerintahan Fisipol Unwar I Nyoman Wiratmaja saat seminar regional dan konfercab I GMNI Cabang Badung, di Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Sabtu (27/5).


Dikatakan, generasi muda masih cukup diandalkan untuk menegakkan demokrasi dan integrasi di Indonesia. Generasi muda sering diasumsikan memiliki perilaku politik yang khas, karena memiliki idealisme yang tinggi untuk memihak rakyat atau kepentingan umum. Mereka lebih bebas dan mandiri dalam menentukan pilihan politik dan sebagainya.

Namun, kata Wiratmaja, dalam era reformasi generasi muda tidak lagi diharapkan hanya berperan sebatas pembaru legitimasi politik atau sebagai objek kegiatan politik. Generasi muda mesti mulai memberdayakan dirinya sehingga diperhitungkan sebagai subjek dari segala aktivitas pembangunan.

Generasi muda juga diharapkan berusaha menghilangkan stigma yakni seringkali terperangkap dalam gerakan untuk menggunakan kekerasan atau energi anarkhi secara kolektif. Yang penting lagi, generasi muda mampu menjadi pelopor untuk menumbuhkan budaya memilih dan bukan melestarikan budaya ikut. Artinya, mampu memilih berdasarkan pertimbangan yang rasional, sehingga benar-benar mendukung perwujudan demokrasi yang sehat.

Sementara Sekretaris Jenderal Presidium GMNI Sonny T. Danaparamita mengatakan di republik yang konstitusinya telah dengan jelas menyatakan dan menjunjung prinsip demokrasi, kaum muda mesti menjadi sebuah kekuatan yang kritis. Sudah merupakan tugas bahwa pemuda harus melakukan kritik, kontrol dan pengawasan terhadap segala kebijakan yang menyangkut nasib rakyat.
(08)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda


Free chat widget @ ShoutMix